Tempat Makan di Purwakarta


Jika Anda sekarang lagi travelling di daerah Purwakarta, maka tidak afdol kayaknya kalau tidak menyambangi beberapa tempat makan di Purwakarta sebagai tempat santap kuliner Anda. Sayang sekali dilewatkan sedang ada kunjungan ke sini tanpa melewati wisata kuliner di Purwakarta. Saya ingin merekomendasikan beberapa tempat buat makan Anda baik ketika lagi piknik sendiri maupun bersama teman atau keluarga.

Burger King
Burger king menjadi salah satu alternatif untuk beli pengganjal perut terutama di rest area. Burgernya lebih enak, rasanya begitu terasa saya. Yang di Purwakarta alamatnya di Cipularang Rest area KM 97, Purwakarta.




Sate Maranggi Hj. Yetty Cibungur 
Lokasinya gak jauh setelah keluar tol Purwakarta, tepatnya berjarak sekitar 6 km dari keluar Gate Toll Purwakarta-Sadeng-Subang, tak lebih dari 20 menit. Tempatnya luas banget, ada tempat jual souvenir juga. Banyak pilihan makanan di sini. Sate maranggi dan sate kambingnya enak banget dengan potongannya yang besar-besar tapi empuk dan bumbunya meresap plus sambal tomat pedasnya juga mantap. Sop kambingnya juga juara. Ada juga sop dengkul, gado gado dan karedok. Jangan lupa pesen es kelapa untuk minumnya. Alamat di Jl. Raya Cibungur, Bungursari, Purwakarta.




Kedai Kita
Restoran terbaik di Purwakarta dengan menu bervariasi chinnese food, seafood dan makanan sunda dengan rasa yang lezat dan harga terjangkau. Lokasi sangat strategis di pusat kota dan mudah dijangkau. Anda bisa pesan cumi, udang dan beberapa makanan berat lainya. Dalam menu harganya lumayan standar untuk makanan berbau seafood. Alamatnya di Jl. RE. Martadinata no. 2, Purwakarta.





Rumah Makan Sedap
Jika Anda sedang mencari chinese food di Purwakarta, maka rumah makan ini tempatnya. Rumah makan yang sudah lama berdiri di Purwakarta. Yang mengesankan dari rumah makan ini adalah pelayanan dari pemilik rumah makan ini. Masakannya beraneka macam dan enak-enak. Mau makanan berat atau setengan berat seperti mie atau yamien juga ada. Ada menu spesial.pesan langsung ke ownernya. Alamatnya di Jl. Jend Soedirman no. 36, Purwakarta.




Ayam Bakar KQ5
Tempatnya nyaman, makanannya enak terutama untuk ayam kampung goreng dan bakarnya, lokasinya mudah diketahui karena di pinggir jalan protokol samping alfamart dan kantor partai, untuk harga sangat terjangka. Menunya ada ayam goreng kampung penyet. Alamatnya di Jl. Veteran no. 168, Purwakarta. Buka jam 8 pagi sampai 11 malam.




Saung Manglid Purwakarta
Tempat makan yang indah dengan latar belakang Gunung Burangrang. Kebun dan sawah yang luas. Makanan fan minuman mantap. Alamatnya di Parakanceuri, Pusakamulya, Kiarapedes, Pusakamulya, Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta. Buka jam 9 siang sampai 7 malam.



RM Ibu Haji Ciganea
Kalau lewat tol Purbaleunyi, lokasinya ada di rest area arah Bandung km 72 dan 88 atau tak jauh dari pintu keluar tol Jatiluhur ke sebelah kiri. Menu khasnya makanan khas Sunda yaitu ayam goreng dan burung goreng dengan sambal dadaknya yang spesial dari ibu Haji Ciganea yang rasanya juara bakal membuat ketagihan sampai nambah berkali-kali dan sangat menggugah selera makan. Ada juga sate marangginya, ayam gepuk, ikan baby nila, bebek goreng, tempe, tahu, lalapan wajib dengan nasi pulen dan minuman teh tawar panas. Cara penyajian hampir sama dengan restoran padang. Alamatnya bisa dilihat di peta.




Sambel Hejo Sambel Dadak
Rumah makan Sambel Hejo Sambel Dadak ini terletak di dekat pintu keluar tol Jatiluhur, berdekatan dengan mitra bisnisnya yang juga menyajikan ayam goreng basah. Parkiran luas dan banyak pilihan area makan. Tempatnya oke banget dan adem. Restoran Sunda jenis hidang kaya rumah makan padang, setelah dihidang maka yang anda bayar hanya yang dimakannya saja. Penyajiannya cukup langka yakni piring-piring berisi lauk-pauk ditempatkan secara bersusun rapi sehingga walaupun meja makannya kecil namun tetap muat. Ayam goreng basah-nya kecil, namun cukup lezat. Makanan sundanya lumayan enak banget dengan rempah didaging yang melimpah dan sambalnya sebagai ciri khasnya yaitu sambal dadak dan sambal ijonya. Untuk menunya cukup beragam. Ada juga pepes ikan yang dimasak presto dan bumbunya meresap. Minumannya ada es jeruk, es kelapa dan teh tawar atau manis. Terdapat mushola dan permainan anak. Lokasinya di Jl. Pemuda No. 32, RT.20 / RW.06, Ciganea, Jatiluhur, Mekargalih, Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta.




Hashtag Cafe
Hashtag cafe ini sebenernya menang di konsep sama desain interiornya dibanding dengan cafe-cafe lain di Purwakarta. Cafe dengan pelayanan yang ramah. Tempatnya keren banget buat foto-foto. Makanan dan cara penyajiannya sangat kreatif. Untuk makanan sendiri, ada pancake, roti panggang, teh hijau,  es krim dan mie ceker balado. Alamatnya di Jl. Terusan Ibrahim Singadilaga, Purwakarta.




Sugar Cafe
Ttempat yang bisa menghilangkan penat dan suntuk dengan kehidupan sehari-hari. Sugar cafe adalah cafe baru di kota Purwakarta. Makanan enak dengan harga terjangkau dan tempat yang nyaman untuk kumpul dengan saudara, teman maupun keluarga. Menu yang disediakan pun cukup beragam dan harganya pun cukup terjangkau untuk anak sekolah sekalipun. Alamatnya di Jalan Ipik Gandamanah No 212 Munjul Jaya, Purwakarta.




Restoran & Lesehan Alam Sari
Di sini menyajikan makanan yang rata-rata makanan olahan ikan dan khas sunda, Sate maranggi, tutug oncom, nasi liwet, sea food. Tersedia tempat duduk dan lesehan yang cukup luas. Banyak ragam menu dan harga yang ditawarkan disini, mulai dari yang sedang sampai yang mahal. Alamatnya di Jl. Jend A Yani 18 Cikampek, Purwakarta.




Garden Kitchen
Alamatnya di Jl. Ibrahim Singadilaga no. 81A Koncara, Purwakarta. Buka jam 11 siang sampai 10 malam.




Nasi Liwet Ibu Dini Purwakarta
Lokasinya ada di Jalan Kapten Halim, Salam Mulya, Pd. Salam, Kabupaten Purwakarta. Anda bisa mencicipi kelezatan nasi liwet Ibu Dini. Makanan yang harganya mencapai Rp 40.000, - dengan berbagai menu yang tersedia. Sesuai namanya, warung satu ini memang memiliki makanan andalan yakni nasi liwet. Namun, jika Anda bosan dengan nasi liwet, Anda bisa memesan menu lainnya. Diantaranya adalah nasi tutug oncom dan juga nasi kabeulem.

Lalu, apa nasi kabeulem itu? Nasi kabeulem adalah nasi yang disajikan sama dengan nasi timbel, tapi yang membedakannya dengan nasi timbel adalah pada  nasi kabeulem sudah diberi bumbu berupa parutan kelapa dan ikan teri, lalu dibakar dengan arang. Untuk melengkapi sajian nasi liwet dan nasi kabeulemnya, Anda juga bisa memesan lauk sederhana seperti ayam, tempe, tahu dan lain-lain. Jika Anda suka sambal, maka tantang diri Anda dengan memesan sambal bledag saat mengunjungi tempat ini.



Itulah beberapa tempat makan yang enak, cafe, tempat nongkrong, rumah makan di Purwakarta Jawa Barat. Semoga Anda tak melewatkan kesempatan wisata kuliner Purwakarta dengan sia-sia.

Sumber :
https://www.tripadvisor.co.id/Restaurants-g1823197-Purwakarta_West_Java_Java.html
https://tempatwisataunik.com/info-wisata/wisata-kuliner/tempat-wisata-kuliner-di-purwakarta

Back To Top